Senin, 29 April 2024

Sumber Panas Bumi Dari Mana ?



*Mengecilnya Area Hutan Tropis di Indonesia Perlu Menjadi Kewaspadaan* 
Berdasarkan data dari World Bank dari tahun 1992 hingga 2021, luas hutan global terus menyusut. Pada tahun 2021, luas hutan di seluruh dunia mencapai 40.449.474,7 km², namun telah mengalami penurunan rata-rata sebesar 3,77% dibandingkan dengan data dari 1992.

Dalam hal ketersediaan lahan hutan ini maka masih Rusia memimpin sebagai negara dengan luas hutan terbesar di dunia. World Bank juga mencatat bahwa pada tahun 2021, luas hutan di Rusia mencapai 8,15 juta km², menyumbang sekitar 20,16% dari total luasnya hutan di dunia.

Indonesia juga masih termasuk dalam daftar negara dengan luas hutan terbesar, walaupun  hanya menempati pada posisi kedelapan. Dengan luas hutan mencapai 915.276,6 km² pada tahun 2021, area hutan di Indonesia justru mengalami penurunan tajam, yaitu sampai sebesar 22,79% sejak tahun 1990. 

Hal ini perlu menjadi kewaspadaan tersendiri mengingat perannya dalam menjaga kelestarian hutan tropis yang berpengaruh cukup besar di dalam menjaga pemanasan iklim se dunia (global warming), yang merupakan rangkaian utama dalam mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals) dan menjadi tiang utama dalam menjaga bumi dari ancaman kerusakan lingkungan (ecological disasters) dengan pembiayaan yang besar bagi langkah penanggulangan maupun tindakan darurat yang diperlukan. 

Jika tingkat kerusakan hutan tropis itu tidak dapat ditangani dengan cermat, maka selain akan berdampak pada besarnya dana negara yang diperlukan untuk pembiayaan bencana, sumber perolehan dana untuk pencegahan Pemanasan Global, yang secara khusus disebut dengan istilah "carbon credits" juga tidak dapat diperoleh dan sekaligus berarti ada potensi hilangnya devisa negara.
Referensi: 
#wartaekonomi #infografis 
#hutan

0 Comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India